Stasiun Plabuan, Satu-Satunya Stasiun di Pinggir Pantai

Pada plesiran kali ini saya bersama Andi berkunjung ke Stasiun Plabuan. Stasiun ini terletak di Kampung Plabuan, Ketanggan, Gringsing, Batang. Stasiun yang berkode PLB ini berada pada ketinggian 4 meter di atas permukaan laut dan masuk dalam wilayah Daerah Operasi IV Semarang. Letak stasiun ini termasuk sangat unik karena merupakan satu-satunya stasiun di Indonesia yang berada di pinggir pantai, dan langsung berhadapan dengan Laut Jawa. Inilah yang yang menjadi alasan utama kami untuk mengunjunginya.

Rute yang harus ditempuh jika ingin mengunjungi stasiun ini lumayan jauh jika ditempuh dari Semarang, memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dari Semarang terus melewati jalur pantura hingga Alas Roban, lalu belok kanan setelah Pasar Plelen. Kemudian memasuki kawasan Hutan Siluwok, yang ditumbuhi banyak pohon karet dan kapas milik PTPN IX. Jalan yang dilewati pun lumayan baik, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan dengan suguhan pemandangan perbukitan yang hijau. Jika diukur jarak dari jalan Pantura hingga ke Stasiun Plabuan sekitar 15 kilometer.

Ketika berkunjung ke sana, kami bertemu dengan seorang PPKA Stasiun Plabuan yang bernama Edwin, yang sedang bertugas. Di sana kami disambut dengan sangat ramah dan dipersilakan untuk masuk ke dalam ruangan PPKA untuk sekedar melihat-lihat dan beristirahat. Kemudian kami berbincang-bincang dengan beliau mengenai stasiun tersebut dan banyak hal tentang persinyalan kereta api, bahkan juga sempat diajari bagaimana cara mengatur sinyal elektrik.

Kebetulan pada saat itu sedang ada empat buah kereta MTT yang sedang mencacah ataupun meratakan ballast (kerikil) di sekitar stasiun tersebut. Oleh karena itu, sebagian besar kereta yang dijadwalkan untuk berhenti, dipersilakan untuk langsung lewat menuju stasiun berikutnya, karena di stasiun itu hanya terdapat dua jalur saja. Sebenarnya stasiun ini memang hanya digunakan untuk persilangan saja, bukan untuk melayani naik turun penumpang.

Sungguh pengalaman yang luar biasa dapat mengunjungi satu-satunya stasiun yang berada di pinggir pantai tersebut. Terutama dapat melihat pemandangan indah perpaduan antara kereta api dan pantai, sungguh sangat eksotis. Stasiun ini juga sering dikunjungi oleh para pecinta kereta api untuk mengabadikan momen kereta api yang melewati pantai. Hal ini sekaligus dapat menjadi hiburan bagi para penumpang untuk menghilangkan penat selama perjalanan yang jauh.

plabuan1

Stasiun Plabuan

plabuan2

Berfoto di pinggir pantai

plabuan3

Om Herman

plabuan4

Ruang PPKA Stasiun Plabuan

plabuan5

Argo muria menuju Semarang

Thanks to:

1. Hermawan Andi (touringmate)

2. Edwin Dwi P. (PPKA St Plabuan)

Iklan

6 thoughts on “Stasiun Plabuan, Satu-Satunya Stasiun di Pinggir Pantai

  1. Mas mas.. Saya dari bandung, berarti kalo dari arah bandung via pantura cirebon, patokannya pasar plelen terus belok kiri ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s